gotong royong masyarakat desa

Pada hari ini Jum,at tanggal 26 Agustus 2016 melaksanakan kegiatan Gotong royong untuk menimbun pondasi Masjid baru Al-Muhajirin dengan tanah timbunan, yang saat ini pembangunan Masjid tersebut barulah sampai tahap pengecoran pondasinya saja, dikarenakan kurangnya dana pembangunan Masjid. Warga masyarakat desa Limbang Mulya sangat bersemangat dengan kegiatan gotong royong ini dikarenakan kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Seperti kita ketahui bahwa gotong royong sangatlah penting untuk menjaga dan meningkatkan konsistensi desa serta bentuk partisipasi masyarakat dalam turut serta membangun desa, kususnya desa Limbang Mulya yang kita cintai.

Gotong royong merupakan salah satu budaya kita sebagai warga Indonesia, dan mendapat pujian dari bangsa lain dikarenakan budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia. Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit. Namun di zaman serba modern saat ini semangat kegotong royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal mulai terkikis habis oleh perkembangan zaman. Orang-orang sudah memikirkan kebutuhan mereka sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Hal ini jangan sampai terjadi di bangsa Indonesia yang kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya. Namun semakin derasnya arus globalisasi mau tidak mau kepribadian tersebut akan terpengaruh oleh kebudayaan asing yang lebih mementingkan individualisme.

Banyak sekali manfaat gotong-royong selain mempererat rasa persatuan dan kesatuan, mempercepat penyelesaian pekerjaan juga membuat setiap pekerjaan menjadi lebih ringan dan sikap gotong royong dalam masyarakat kan menimbulkan rasa sosial yang tinggi, misalnya saja pada saat terjadi bencana alam dimana setiap orang berusaha untuk mengumpulkan dana dan membenahi infrastuktur yang rusak serta membantu pihak keamanan untuk mencari korban. Para warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Harapan ke depan semoga semangat gotong royong yang telah tumbuh dan berkembang untuk tetap dilestarikan sepanjang waktu oleh masyarakat Desa Limbang Mulya Kecamatan Sembawa bahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena pada hakekatnya gotong royong adalah kultur dan budaya asli Indonesia dan merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia.

One thought on “gotong royong masyarakat desa

Tinggalkan Balasan