You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Limbang Mulya

Kec. Sembawa, Kab. Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan

SISTEM INFORMASI DESA (Open SID)


SISTEM INFORMASI DESA (Open SID)

Apa itu Opensid  baiklah berikut penjelasan singkat apa dan untuk apa Opensid

Opensid merupakan aplikasi Administrasi Desa berbasis online dan offline yang dikembangkan secara opensource dan telah digunakan oleh lebih dari 2500 desa diseluruh indonesia. Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat untuk membantu petugas Desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya dibidang Administrasi Desa sehingga lebih efisien waktu serta lebih terbuka. Opensid bersifat Open Source (Sumber Terbuka) yang menerapkan lisensi GPL Versi 3 sehingga siapapun bebas menggunakan, menyebar luaskan dan mengembangkan Opensid dengan menyertakan pembuat asli dari OpenSID.

Apa Keunggulan Opensid?

 Manajemen Kependudukan. Manajemen Data Manajemen Data Kependudukan meliputi, import dan export yang sangat mudah digunakan, Data Kewilayahan, Data Keluarga, Data Rumah Tangga, Data Kematian, Kepindahan, dan Kedatangan sampai Data Suplemen yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan Data Peserta Pemilih pada setiap Pemilihan Umum dilakukan. 

Data Statistik. Statistik yang lengkap serta tertata secara otomatis dapat mempermudah aparatur Desa dalam menyusun laporan kerja, selain itu data statistik dapat di akses oleh umum melalui website desa yang menggunakan OpenSID. dan yang tak kalah penting Data statistik dapat dikelompokan sesuai keinginan 

Cetak Surat. Dengan OpenSID, membuat dan mencetak segala macam surat dan dokumen desa menjadi lebih gampang. cukup mengisi NIK yang bersangkutan maka surat secara otomatis jadi. selanjutnya tinggal di cetak dan tentunya surat akan tersimpan rapi sebagai laporan surat keluar. semua template surat yang di gunakan OpenSID dikembangkan oleh penggiat OpenSID dengan mengacu pada perundang-undangan yang berlaku. 

Masih Banyak Fitur Lainnya :

  • Manajemen SK
  • Manajemen Perdes
  • Manajemen Inventaris
  • Data Analisis
  • Pengelompokan Program bantuan
  • Data Persil
  • Manajemen data properti desa (plan) pengelompokan data berdasarkan lokasi di peta
  • SMS Gateway
  • Manajemen Website
  • Pengaturan Database
  • Layanan Mandiri untuk penduduk
  • Pengaturan pengguna berdasarkan level akses dan lain-lain.

Dimana saya bisa memperoleh Opensid? Kunjungi http://opensid.info/ dan temukan file downloadnya beserta cara pemasangannya. tersedia juga versi pra release (uji coba versi baru) di https://github.com/OpenSID/OpenSID

 Siapa Pengelola OpenSID? OpenSID dikelola oleh Komunitas OpenSID, yang terdiri dari perangkat desa, pegiat desa dan pengguna OpenSID lainnya serta di kembangkan oleh relawan dari Komunitas OpenSID 

Desa mana yang sudah menggunakan Open SID?  OpenSID telah dipakai di lebih 2500 Desa diseluruh Indonesia, dan tahun 2019 ditargetkan terpasang di 5000 Desa.

Bagaimana saya bisa bergabung mengembangkan OpenSID? Anda bisa berkontribusi d a l a m p e n g e m b a n g a n OpenSID dengan bergabung sebagai penggiat OpenSID p a d a k o m o n i t a s fb.com/groups/OpenSID/, https://github.com/OpenSI D / O p e n S I D d a n opensid.slack.com, A n d a j u g a b i s a i k u t b e r k o n t r i b u s i d a l a m pengembangan OpenSID dengan mendonasikan sedikit uang anda kepada Komunitas Penggiat OpenSID.

Mari Membangun Desa, Membuka Akses Global

Dokumen Lampiran BROWSUR OPENSID
Bagikan artikel ini:
Komentar